Sosial Media
Home bank-soal-sd

Soal Sumatif Akhir Semester 1 PKN Kelas 1 SD/MI

2 min read

Selamat datang rekan-rekan pendidik,pada postingan kali ini Pohonilmu.com akan berbagi Soal Sumatif Akhir Semester 1 atau Penilaian Akhir Semester 1 (PAS) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Dengan adanya beberapa contoh Soal PAS diharapkan para peserta didik bisa memiliki gambaran dasar tentang materi – materi yang akan keluar atau diujikan dalam kegiatan Ujian Akhir Semester 1 .

Soal SAS/PAS Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum Merdeka adalah soal yang disusun untuk evaluasi peserta didik berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Kegiatan ini menjadi agenda setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan di semester 1.

Penilaian Akhir Semester 1  pada kurikulum merdeka berubah istilah menjadi Sumatif Akhir Semester 1 merupakan salah satu syarat kelulusan bagi peserta didik, oleh karena itu semua peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut mulai dari Kelas I – VI SD/MI.


Satuan Pendidikan telah menetapkan standar nilai yang haru di capai oleh siswa yang ditulis didalam KKTP/KKM. Bagi Siswa yang nilainnya tidak mencapai standar harus mengikuti ujian ulang yang disebut dengan kegiatan remedial. Oleh karena itu, peserta didik harus belajar dengan sungguh-sungguh.


Sebagai bahan latihan, berikut kami bagikan Soal PAS/SAS PKN Kelas 1 SD/MI Semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawabannya. Soal ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk penyusunan soal Penilaian Akhir Semester Ganjil oleh Guru Kelas 1 SD/MI, soal tersebut berformat word sehingga dapat di edit atau dimodifikasi dengan mudah.


Download Soal Sumatif Akhir Semester Kelas 1

Dari beberapa paparan di atas tentu pelaksanaan kegiatan evaluasi Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil  Kelas 1 Pendidikan Kewarganegaraan cukup penting bagi pendidik dan khususnya peserta didik. Karena cukup pentingnya kegiatan Sumatif Akhir Semester (SAS) ini, maka kami akan berbagi beberapa referensi soal sebagai bahan belajar peserta didik. Rekan – rekan cukup pilih soal – soal sumatif yang kami sediakan di bawah.

Soal SAS Semester 1 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 : Download Disini – 1

Soal UAS Semester 1 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 : Backup (Isinya Sama)

Soal PAS Semester 1 Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1

Kisi-kisi Soal Ulang Akhir Semester 1 PKN Kelas 1

Kisi-kisi Soal Penilaian Akhir Semester 1 PKN Kelas 1

Kisi-kisi Soal Sumatif Akhir Semester 1 PKN Kelas 1

Dalam kesimpulannya, kegiatan penilaian sumatif memiliki manfaat yang signifikan bagi peserta didik. Selain sebagai alat untuk mengukur pencapaian belajar, penilaian sumatif juga mendorong refleksi dan evaluasi diri, memotivasi prestasi akademik, memberikan pengalaman menghadapi tekanan, dan memberikan umpan balik untuk perbaikan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan peserta didik untuk memanfaatkan kegiatan penilaian sumatif dengan baik sebagai bagian integral dari proses pembelajaran yang efektif.

Demikianlah beberapa referensi Soal Sumatif Akhir Semester Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat.
Comments
Additional JS